Resep Mie Ayam “Cinta”

Waaaa sudah lama sekali engga coret-coret disini lagi, enam bulan belakangan ini punya kegiatan baru, rutinitas baru bikin sulit untuk main ke dapur dan cerita-cerita disini gimana cara bikin mie ayam cinta…

Mumpung weekend ini libur,rencannya mau pulang ke rumah papĂ , terus minta dimasakin yang enak-enak…

Ehh pucuk dicinta ulam pun tiba… bahagianya punya papa yang senang main di dapur, mau bikinin mie ayam….

Agak sedikit curiga sih bisa ngga ya jadi mie ayam yang enak, repot ngga ya….

Ternyata ngga repot kok dan enak! Dan yakin deh, abis ini pasti jadi males beli mie ayam yang biasa-biasa aja…. yuk, coba di siapin bahannya dulu terus langsung dipraktekkin deh…

Bahan

  • Mie ayam (mie basah yang khusus untuk mie ayam, kalo ngga ada bisa pakai mie telur)
  • Kaldu ayam untuk kuah
  • Ayam untuk kaldu dan topping
  • Minyak bawang
  • Bumbu penyedap
  • Garam
  • Kecap asin
  • Daun bawang dan bawang goreng untuk taburan
  • Baso untuk pelengkap

Cara membuat

Minyak bawang

Bahan

  • Kurang lebih 5 suing bawang putih iris-iris.
  • 100-200 ml minyak goreng

Cara

  • Masak jadi satu minyak dan bawang putih nya biar kan bawang sampai matang atau berubah warns tapi jangan sampai gosong

Kaldu ayam

  • Rebus 1 ekor ayam 7/8 matang dengan air 1-1,5 liter atau sesuai banyak ya ayam yg digunakan
  • Tiriskan ayam dan potong jadi kotak-kotak lalu tiriskan ayam tersebut.

Ayam kecap

Bahan

  • Ayam yang telat di potong kotak-kotak tadi
  • 5 siung Bawang putih
  • 2 ruas lengkuas
  • 1/2 buah Biji pala
  • Garam
  • Gula
  • Merica bubuk
  • Penyedap
  • Kecap inggris
  • Kecap manis

Cara

  • Tumis bawang putih, lengkuas lalu masukan ayam potong
  • Beri kecap Inggris secukupnya, kecap manis, gula garam merica secukupnya
  • Tambah kan air kaldu,
  • 1/2 biji pala
  • Biarkan matang dan meresep sempurna sampai mengeluarkan wangi. Tambahkan air bila perlu, jangan sampai kering…
  • Bila sudah, sisihkan

Cara penyajian

  • Di mangkok beri sedikit minyak ayam, kecap asin, kecap manis, merica, penyedap rasa bila perlu
  • Masukan mie yg sudah direbus, aduk-aduk
  • Beri topping ayam kecap yang tadi beri kan sedikit kuah ayam (opsional)
  • Daun bawang, bawang goreng dan baso
  • Mie ayam siap disajikan

Mudah kan! Ini salah satu the easy way untuk buat mie ayam sendiri, ngga perlu bumbu-bumbu ribet atau aneh-aneh, kalo kata ponakan yang penting masaknya pake bumbu rahasia *[baca:cinta] pasti enak jadinya.

Bila ayam kecap nya tidak habis bisa disimpan dalam kulkas untuk dipakai lain waktu, begitu juga dengan minyak bawang, bisa untuk menumis masakan lain agar lebih wangi…

Selamat mencobaaaa….

Advertisements

Yuk komen di sini:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s