Ayam Goreng Serundeng Kelapa

Ayam goreng merupakan menu makanan yang umum dan semua orang suka, selain itu banyak variasinya dan relatif mudah dalam pembuatannya. Menu ayam ungkep merupakan menu wajib yang ada di kulkas rumah saya, kalau mati gaya di dapur  ya tinggal goreng.

Biasanya kalau buat ayam goreng menggunakan metode ungkep, saya menumis bumbu lalu mengungkep ayam bersama bumbu dengan api kecil, tidak jarang saya memberikan banyak laosnya sebagai serundeng.

Namun kali ini saya mau serundengnya dari kelapa parut agar lebih terasa gurih serundengnya. Browsing sana sini untuk resep, kok ya males ya, sedikit repot saya rasa dalam pembuatan. Pertama kita ungkep ayam dengan bumbu lalu setelah matang angkat ayam dan air bumbu tersebut direbus bersama kelapa.

Hhmm bukan saya namanya kalau masak pakai repot-repot seperti itu… memang males aja siih. Jadi, saya putuskan ayam dikukus bersama bumbu dan kelapa ini nih resep dan caranya.

Bahan

  • 1 ekor ayam
  • 1 buah kelapa parut
  • 5 lembar daun salam
  • 3 batang serai memarkan
  • garam secukupnya
  • kaldu secukupnya (optional)

Bumbu yang dihaluskan

  • 2 ruas jahe (optional)
  • 2 ruas kunyit (aku skip)
  • 2 ruas lengkoas
  • 5 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 5 buah kemiri sangrai
  • 1 sdm ketumbar angrai
  • lada secukupnya

Caranya

  • cuci bersih ayam lalu potong-potong sesuai selera, sisihkan
  • haluskan bumbu lalu campurkan dengan kelapa parut dan ayam, aduk rata
  • tambahkan garam lada dan kaldu bila ingin, aduk rata.
  • panaskan air kukusan, dalam air kukusan masukan daun salam dan serai, daun jeruk bila mau.
  • setelah panas, susun ayam diatas kukusan bersama kelapa dan bumbu yang telah diaduk, kukus selama kurang lebih 25-30 menit.
  • bila sudah matang, angkat dan sisihkan, setelah dingin simpan kulkas.

Catatan

Ternyata sangat mudah menggunakan metode ini, serundengnya lebih gurih, ayamnya juga tidak hilang banyak sarinya sehingga relatif lebih manis. Kelapanya juga matang tidak cepat basi.

Namun dari sistem ini saya sulit menentukan rasa garamnya sudah cukup atau tidak, jadi tadi setelah saya angkat saya rasa kurang asin, sebelum saya taruh dalam kotak kedap udara saya tambahkan garam atau kaldu instan aduk rata dan simpan, nanti bumbu akan meresap dengan sendirinya dan semakin lama ayam akan semakin enak.

Untuk menggoreng juga bisa kita goreng ayamnya terlebih dahulu baru kita goreng serundengnya, agar sesuai kematangan  yang kita inginkan, tapi yaa kalo aku sih semua aja sekaligus barengan gorengnya.. heheheheh

Kali ini karena serundeng kelapanya saya sisa banyak sekali, jadi saya goreng semua, saya peras, hilangkan minyak lalu saya oven sebentar untuk membuat efek garing dan renyah serta berkurang minyaknya, lalu taro toples deh. Waa enak, cukup makan nasi dengan serundengnya aja….

Kalo mau pakai sistem ungkep tinggal ungkep ayam seperti biasa lalu setelah matang angkat ayam dan masukan kelapa bersama sisa bumbu dan sisa airnya. Ya kalo saya sih (karena males repot) masukan sekaligus aja semuanya ungkep bersama kelapa.

Atau ada yang  ungkep ayam dengan bumbu, setlah matang angkat ayam sisa bumbunya sisihkan, sangrai kelapa dan masukan bumbu matangkan. 

Tergantung sih mau yang mana  balik lagi saya sih nggak mau repoot hehehehe, yang penting bumbu meresap dan ayam matang sempurna (nggak usah takut nggak matang sih dalam proses mengungkep kan nanti digoreng lagi) dan serundengnya banyaaaak.

Selamat mencoba

Advertisements

Yuk komen di sini:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s