Ikan Baronang Bakar Maknyus

IMG_6200

Yang pasti ditunggu di setiap bulan puasa adalah makanan khasnya, entah kenapa sering dari kita justru mengalami pengeluaran yang lebih banyak untuk makanan saat bulan puasa dibandingkan saat bulan tidak puasa. Hayo siapa juga yang begitu? untuk saya alokasi dana untuk makan diluar pasti jadi lebih banyak dari pada untuk masak dirumah, diluar hitungan untuk kue lebaran ya…

Kenapa lebih sering makan diluar? yaa setiap akhir minggu pasti ada buka bersama, genk smp lah, genk sma, genk kuliah daaaaaan masih panjang lagi listnya untung cuman ada 4 akhir pekan dalam satu bulannya. Nah seperti akhir minggu ketiga di bulan ramadhan ini, jadwalnya buka bersama bersama sepupu-sepupu.

Yang berbeda dari buka puasa kali ini kita tidak memilih tempat makan diluar, tapi akan bukan bersama di rumah dan menunya ikan bakar, cakep kan… itung-itung jumlah orang dan susun menu done.

Saatnya belanja ikan… sayangnya saya tinggal di daerah Bogor yang jauh dari sumber ikan segar, beruntung ada distributor ikan frozen yang cukup lengkap dan kualitas bagus. Setelah pilih-pilih saya memutuskan untuk membeli ikan bawal, baronang, cumi-cumi, dan ikan dori untuk ponakan-ponakan yang masih kecil.

Setelah bahan terkumpul minggu pagi saya jalan kerumah kerabat tempat kita akan melakukan buka bersama. Sesuai permintaan untuk memasukan Pannacotta kedalam menu, setelah sampai saya langsung mengolah krim kocok terlebih dahulu Resep Strawberry Panna Cotta , lalu membersihkan ikan, cumi-cumi.

Karena keterbatasan waktu dan semua ikan saya yang mengolah jadi akan saya gunakan bumbu yang sederhana namu tetap memukau mereka di sisi lain saya pun tetap bisa menikmati waktu bercengkraman bersama mereka.

Begini rencana saya… setelah semua bahan makanan saya bersihkan, tinggal memarinasi dan membuat bumbu agar menjelang buka puasa ikan dapat diproses dan matang tepat saat waktu berbuka.

Untuk ponakan-ponakan kecil saya berencana membuat Fishs and Chips dari ikan dori (akan saya share nanti) dan  Calamari . Dan untuk ikan baronang dan bawalnya akan saya bakar dengan bumbu kecap dan bumbu pedas, cumi-cuminy apun akan saya bakar dengan bumbu pedas.

yuks kita intip resep ikan bakarnya

Bahan

  • ikan baronang dan bawal
  • cumi-cumi (sudah dibersihkan)
  • lemon
  • garam.

Setelah dicuci bersih marinasi ikan dengan lemon dan garam sedangkan cumi-cumi rendam dalam baking soda untuk mencegahnya alot (lihat di resep  Crunchy Calamari )

Saos olesan

bumbu pedas

  • kecap
  • bawang merah (satu genggam atau sesuai jumlah ikan)
  • bawang putih (satu atau dua buah saja)
  • cabe sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan

Haluskan semua bumbu dan campur dengan kecap.

Bumbu Kecap

  • mentega
  • kecap

tinggal oles ke atas ikan

Waktunya eksekusi

Oke saatnya eksekusi, setelah ikan di marinasi langsung taro di  bakaran atau panggangan yang sebelumnya telah diolesi ikan biar tidak lengket, olesi kedua sisi dengan bumbu olesan, baik yang bumbu pedas atau bumbu kecap biasa.

Untuk cumi setelah di marinasi dengan soda kue sekitar 15-30 menit bilas hingga bersih dan kerat-kerat pinggirnya tapi jangan sampai putus lalu tusuk dengan tusuk sate, bakar seperti ikan dengan bumbu olesan namu tidak membutuhkan waktu yang lama.

Sudah deh setelah matang ikan dapat disajikan dengan cantik dan menggiurkan, sajikan dengan cocolan sambel kecap atau sambel terasi dan lalap.

Catatan

Sebenarnya untuk saya membuat ikan bakar cukup dengan oles mentega saya atau secara natural saja, rasa yang kita inginkan ada di ikan itu sendiri. Ikan yang segar memiliki cita rasa yang cantik, manis, gurih, umami, dan sebenarnya buat saya bumbu-bumbu tersebut akan tertutupi oleh rasa manis kecap.

Tapi bumbu yang saya gunakan ini sangat amat harus dicoba, rasanya jadi seperti ikan bumbu rujak, manis asin pedas bikin segar deh dan pasti akan membuat kita seperti cheff profesional…

Walaupun nanti kalian meggunakan panggangan yang canggih atau anti lengket saya sarankan tetap menggunakan penjepit ikan untuk membakar untuk memudahkan dalam membalik ikan.

Bila kalian akan membuat ikan dalam jumlah yang banyak namun khawatir tidak memiliki cukup waktu namun tetap ingin menyajikan ikan yang hangat, caranya beberapa jam sebelumnya kalian sudah membakar ikan setengah matang atau hampir matang, jadi saat orang-orang datang kalian tinggal membakarnya sedikit lagi atau tinggal mencari caramelisasi atau kering sedikit.

Sekian tips sederhana tapi ampuh untuk pamer cooking skill kita =)

Selamat mencoba teman-teman

Advertisements

Yuk komen di sini:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s