My Sushi Roll

 

Tiba-tiba WhatsApps saya berbunyi dan teks pesannya, “Mon bisa buat  Sushi nggak?” nggak pakai mikir saya jawab aja dulu “Bisa!” padahal nggak tahu buat apa dan kenapa dia nanya gitu, dia jawab lagi “Cakep! Ajarin ya… “ Jeng-jeng!! Hahahaha.

Ternyata usut punya usut, temen saya ini lagi melakukan pendekatan sama sesorang wanita yang katanya doi suka banget sama sushi dan salmon. Niatnya dia sih… mau buat makanan itu langsung depan sang wanita, biar romantis katanya.

Nah… ternyata juga dia tuh sudah melakukan survei kecil-kecilan, jadi tiap dateng ke resto sushi , dia perhatikan  cara chefnya buat sushi, sampai ke harga salmon dan supermarket mana yang jual daging salmon yang bagus ckckckck…. Niat banget ya dia…

Terus masalahnya apa?.. ngegulung sushi katanya! Nah lohh… well actually I have no idea about sushi! Bermodalkan tekad dan nekat! mulai  deh kumpulin informasi resep-resep sushi dan alat-alatnya. Jangan berharap saya akan membuat sushi roll yang autentik seperti yang aslinya, Karena memang ada beberapa bahan yang saya skip ataupun saya ganti dengan bahan yang ada.

Akhirnya kami janjian di Senin malam, sebelum dia sampai di rumah saya sudah menyiapkan bahan-bahan dasar, seperti nasi, isian sushi, acar dan teman-temannya. Niat kami malam itu untuk membuat beberapa macam sushi roll tapi belum kami pikirkan, yang penting katanya belajar ngegulung saja, ya sudah saya siapakan beberapa isiaan yang biasanya ada di sushi.

IMG_5088

Sebenarnya cukup mudah dan sederhana bahan utamanya nasi, nori dan isiian yang bisa suka-suka. Nah yuk kita  coba satu-satu.

Nasi

Bahan

  • 100 gr beras putih biasa
  • 50 gr beras ketan putih

Untuk nasi nya dibeberapa resep menambahkan mirin atau cuka dan garam, kali ini saya skip tapi hasil dari ini juga sudah cukup oke kok, nempel tapi tidak terlalu keras, cukuplah untuk sushi perdana mah. Eh, ada juga yang menggunakan agar-agar bening, tapi belum saya coba.

Cara

Campur beras dan ketan lalu cuci bersih dan masak di rice cooker. Kalau mau menggunakan kukusan juga bisa.

 

 

Bahan isian

  • Timun jepang, dipotong memanjang isian dibuang
  • Telur dadar (saya buat seperti membuat omlete )
  • Tuna mayo

Bahan

Tuna kaleng, mayonnaise secukupnya, 1 buah bawang Bombay cincang halus.

Cara

Campur semua bahan aduk dan sisihkan.

  • Udang (yang sudah dikuliti dan direbus)
  • crab stick

Bahan pelengkap

  • Mayonaise
  • Wijen hitam dan putih
  • Acar lobak
  • Acar jahe
  • Minyak wijen dan soy sauce sebagai cocolan.

IMG_5089

Sebenarnya untuk isian bebas, sesuai kreasi dan isi kulkas saja saya sih… Untuk eksekusinya tinggal susun roll mat, nori, nasi yang di susun secara merata selebar lebar norinya tapi sisakan ujungnya sebagai perekat nantinya lalu susun isian yang kita inginkan… untuk detailnya bisa dilihat di Youtube yaaa.

Selamat Menggulung Sushi…

Advertisements

Yuk komen di sini:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s