Ketika Wedang Ronde Menjadi Sensory Play

Ketika Wedang Ronde menjadi sensory play, penasaran kan kenapa itu bisa terjadi. Semua terjadi karena ekerimen kecil yang saya lakukan. Selalu saya katakan bahwa memasak merupakan sebuah ekperimen bagi saya, dan dapur laboratoriumnya. Masakan yang saya buat tidak selalu berhasil seperti apa yang saya harapkan, namun selalu ada cerita dibaliknya.

Seperti kali ini percobaan yang saya lakukan karena ketertarikan saya akan warna, kegemaran mengumpulkan sesuatu yang berwarna-warni dalam satu wadah menjadi kebiasaan saya sedari kecil, seperti kancing baju, permen, kelereng. Mungkin sedikit menjadi obsesi.

Beberapa kali melakukan eksperimen dengan warna menggunakan cat air dan sejenisnya, bahagianya sekarang ternyata di dapurpun saya bisa bereksperimen dengan warna. Tren rainbow yang pernah happening saat itu juga membuat saya senang dan menjadi ekperimen kecil saya. (lihat juga Rainbow Spaghetti)

Jadi saya berpikir buat apa lagi ya yang dapat dijadikan rainbow. Tanpa sengaja saya singgah di kedai Wedang Ronde, bentuknya ada yang kecil sebesar kelereng atau yang besar seperti bakso yang berisi kacang tanah dan gula pasir, konon katanya dulu anak gadis yang bisa membuat onde yang kecil-kecil secara rapi akan menjadi calon istri yang baik.

Wedang ronde sendiri terdiri dari kuah gula, baik itu gula merah atau gula putih yang direbus bersama jahe, biasanya juga ditambah daun pandan dan serai. sedangkan untuk ondenya sendiri hanya berupa adonan tepung ketan putih yang diisi dengan kacang tanah dan gula putih. Biasanya warnanya hanya hijau, pink dan putih kali ini saya ingin membuatnya menjadi berwarna. Yuks kita coba..

 

Bahan

Sirup Jahe

  • 250 gr Jahe
  • 1000 ml air untuk merebus
  • 200 gr gula putih
  • 1/4 sdt garam
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun pandan

Onde

  • 150 gr tepung ketan putih
  • 2 sdm tepung kanji (optional)
  • 1/4 sdt garam
  • 50-60 ml air (ini disesuaikan saja)
  • pewarana makanan 1-2 tetes (pada percobaan ini saya memasukan (sangat)lebih banyak, saya sarankan jangan terlalu banyak)

Isian Onde

  • 150 gr kacang tanah sangrai (jumlah bisa disesuaikan)
  • 100 gr gula pasir

Cara membuat

Isian

  • blender kacang tanah yang sudah disangrai bersama gula pasir
  • sisihkan untuk isian

Wedang jahe

  • memarkan jahe, dan sereh
  • rebus bersama, gula, jahe, daun pandan, batang sereh
  • beri garam dan biarkan mendidih kemudian sisihkan

Onde

  • campur tepung ketan, tepung kanji, garam
  • beri air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis atau tidak nempel lagi di wadah
  • bagi sesuai jumlah yang di inginkan kemudian beri 2 tetes pewarna makanan, uleni lagi
  • buat onde besar dengan isin kacang
  • dan onde kecil tanpa isian
  • beri taburan tepung ketan sisa agar tidak saling menempel
  • rebus di air yang sudah mendidih
  • bila sudah mengapung sudah matang tandanya,
  • angkat dan taro dimangkuk saji, siram dengan air jahe yang sudah siap

Catatan

  • jangan memberikan pewarna makanan secara berlebihan, dua tetes cukup untu resep ini bila menggunakan 5 warna seperti saya.
  • bila warna ingin lebih menarik dan terang, tambahkan sair kapur sirih satu sendok teh
  • dalam pembuatan ondenya tidak harus menggunakan pewaran seperti saya, putih saja atau satu dua warna juga tidak masalah.
  • dalam pembuatan wedang bila mendapatkan jahe yang masih muda bisa ditambah jumlahnya atau bila tua bisa dikurangi, dapat disesuaikan

Pada percobaan saya kali ini bisa dibilang agak sedikit melenceng dari apa yang saya perkirakan. Bukan berarti gagal ya, mungkin karena terlalu bersemangat saya memasukan warnanya terlalu banyak lebih dari 2 tetes. Sehingga hasil ondenya sedikit menyeramkan untuk dimakan!. But every things is okey kok sebenarnya… yaa jadi lucu aja, dan lebih menarik jadi maianan ponakan ponakan kecilku, karena akhirnya memang onde warna warni ini sangat menarik dan membuat anak-anak kecil itu menyenuhnya

IMG_4641
Akhirnya menjadi mainan seru mereka!

Yaa walaupun percobaan kali ini yang niat awalnya membuat wedang ronde untuk menemani istirahat sore, malah jadi permainan sensori dengan pendekatan ¬†mountessori untuk ponakan-ponakan kecil… tapi semua happy! dan air jahenya pas banget, jadi dinikmati tanpa onde.

Selamat memasak dan bermain TemanS

Yuk komen di sini:

