Silky Chocolate Pudding

Hore weekend lagi!. artinya siap ketemu ponakan-ponakan kecil yang sudah libur sekolah. Cukup lama tidak bertemu mereka karena sakit kemarin. Jadi buat apa ya untuk pasukan kecil itu? Silky Chocolate Pudding.

Kangen dapur tapi masih enggak sanggup buat sesuatu yang heboh didapur. Jadi kita buat sesuatu yang sederhana tapi mereka suka.

Ya walaupun sebenarnya mereka sih suka aja sama yang saya buat, katanya selalu enak karena dibuat pake bumbu rahasia =).. (baca: pake cinta). Sweet banget kan anak-anak itu.. next kita akan bercerita tentang mereka.

Oke baiklah, kembali ke mau buat apa kita!? setelah dipikir-pikir dengan bahan sederhana dan tidak rumit pembuatannya tapi anak-anak suka, Pudding Cokelat jadi pilihan saya.

Pudding Cokelat salah satu makanan favorite di keluarga saya. yaa, siapa juga yang bisa nolak pudding cokelat. Ingat pepatah Chocolate never goes wrong!

Tapi kali ini kita tidak akan membuat Pudding Cokelat yang biasa-biasa saja, seingat saya saya punya satu resep pudding yang sudah saya buat beberapa kali dan terbukti mereka suka. Buka deh catatan sakti saya dan Binggo! dapat “Silky Chocolate Pudding” lupa dapat resep awal dari mana, tapi sudah beberapa kali mengalami beberapa perubahan dan penyesuaian baik ukuran dan komposisi.

Yuks kita mulai aja..

Bahan

  • 40 gr Maizena
  • 800 ml susu cair
  • 225 gr cokelat masak (ini sifatnya relatif kalau beli yang ukuran 250 gr mau dimasukin semua juga ga masalah atau cumin ada 200 gr juga ga masalah)
  • 1/8 sdt garam
  • 1 sdt vanilla
  • 2 sdt coklat bubuk (optional saya malah suka 1 sdm sekenanya aja)
  • 70-100 gr gula pasir (buat saya 100 gr sudah terlalu manis, dan karena anak-anak ini saya takut jadi sugar rush saya kurangi jadi 70 gr saja)

Cara yang seharusnya…

  • Campurkan semua bahan kecuali vanilla dan cokelat masak.
  • Aduk rata, masak diatas api sedang hingga meletup-meletup.
  • Masak terus, kecilkan api, masukan vanilla dan cokelat masak yang sudah dilelehkan
  • Matikan api aduk rata.
  • Segera tuang dalam gelas atau mangkuk.
  • Dinginkan masukan lemari es dan sajikan.

Cara saya..

Karena saya tidak mau repot dan ‘pemalas’ jadi saya campur semua bahan jadi satu dan diproses bersamaan dalam satu panci lalu dipanaskan dengan api kecil diaduk bersamaan secara perlahan.

Dengan catatan

  • Cokelat masak yang biasanya berupa coklat blok sudah saya potong kecil-kecil sehingga mempermudah dia untuk meleleh
  • .

  • Dalam proses pemasakannya saya menggunakan api sedang dan terus mengaduknya secara perlahan, agar bagian bawah tidak terjadi penggendapan dan akhirnya gosong. Lalu gumpalan-gumpalan tepung atau cokelat mudah larut dan tidak menggumpal, serta potongan coklat masak dapat bercampur sempurna.
  • Dan setelah menuangkan dalam gelas-gelas kecil atau mangkuk ada baiknya segera menutup gelas atau mangkuk dengan plastic wrap atau tutup gelas itu sendiri, agar tidak terbentuk lapisan diatas permukaanya (enggak cantik aja sih jadinya)

Sudah deh… mudah kan, dan rasanya cokelat banget, lembut, lumer dimulut, anak-anak pasti suka deh. Eh, ada rahasianya lagi nih… biasanya saya suka nambahin susu bubuk satu sampai dua sendok makan disusu cairnya (ini diluar resep ya) biar lebih gurih aja.

Beberapa kali buat resep pudding ini, pasti enak sih, cuman akhirnya saya bisa menemukan bahwa, beda susu yang dipakai, coklat masak yang digunakan, atau pun jenis vanilla yang kita pakai, buat saya bikin hasilnya berbeda-beda.

Saran saya sih yaa, gunakan merek atau jenis bahan-bahan favorit kamu yang rasa dan kualitasnya sudah pasti oke, karena resepnya sederana, tidak banyak yang kita pakai dan prosesnya yang tidak merubah banyak dari tekstur dan rasa dari bahan-bahan tersebut.

Selamat mencoba temanS

Yuk komen di sini:

