Nasi Goreng Udang Gurih

Selamat pagi… masak apa hari ini?! pertanyaan yang menghampiri saya pagi tadi. Setelah mengamati isi kulkas dan dapur, nasi goreng udang sepertinya cocok, simple, mudah dan cepat.

Nasi goreng banyak macamnya, dan isinya suka-suka kita saja. Buat saya dan keluarga, kami lebih suka nasi goreng tanpa kecap, dan tidak jarang isinya sesuai dengan apa yang tersisa di kulkas, dibuat semudah mungkin.

Yang membuat nasi goreng ini special adalah penggunaan bumbunya. Saya hanya akan menggunakan  Baceman Bawang yang saya buat beberapa waktu yang lalu.

Baceman bawang menjadi bumbu wajib di dapur saya, karena bumbu ini mempermudah pekerjaan dapur kita. Tidak banyak bahan yang kita perlukan unuk membuat nasi goreng ini, mari kita mulai.
 

Bahan

  • 250 gr nasi dingin
  • 200 gr udang kupas
  • 3 sendok baceman bawang (bawang dan minyaknya) (bisa diganti dengan 5 siung bawang putih)
  • 2 buah cabe merah (optional)
  • 2 butih telur ayam
  • 1 sdm saus tiram
  • kecap asin (secukupnya)
  • minyak ikan (secukupnya)
  • merica (secukupnya)

Cara

  • kocok lepas telur dan dadar,buat agar telur agak kering, setelah itu gulung dan iris melintang, sisihkan.
  • panaskan baceman bawang, setelah harum masukan udang, cabe iris (baso, atau sosis bila ada)
  • masukan saus tiram, kecap asin, minyak ikan aduk rata,
  • bila udang sudah cukup  matang masukan nasi, sedikit merica dan aduk rata.
  • masukan telur dadar dan aduk rata
  • sebelum mematikan kompor, bila kurang asin bisa ditambahkan garam (hati-hati dalam penggunaan garam karena kita sudah menggunakan kecap asin)
  • sajikan selagi hangat.

Note 

Saya selalu menghindari penggunaan MSG atau Vetsin, sebagai gantinya saya suka menambahkan saus tiram pada masakan saya untuk memberikan rasa gurih (padahal dalam saus tiram juga sebenarnya ada msg-nya heheheh).

Mudahkan… selamat sarapan temanS

 

 

Yuk komen di sini:

