Tempat Makan Seru di Yogyakarta

Yogyakarta yang dikenal dengan Keindahan Asia yang tiada akhir. Banyak yang mengatakan tidaklah cukup mengunjungi Yogyakarta dengan sekali kunjungan. Kali ini saya ingin membahas tempat makan seru di Yogyakarta.

Siapa yang bisa menampik pesona Yogakarta? Kota yang mampu mempertahankan budaya Jawa di tengah modernitas dunia ini.

Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di Yogyakarta. Mulai dari Keindahan alamnya, karya seni, tradisi dan warisan budaya, hingga kulinernya.

Nah buat yang ada dan mungkin berencana ke Yogyakarta gak ada salahnya cek beberapa tempat makan seru ini…

1. Sate Klathak Pak Pong

image

Sate Khathak menjadi menu wajib bagi kamu para pencinta daging kambing. Banyak penjual sate Klathak yang bisa anda temui, tapi Sate Klathak Pak Pong menyajikan sate spesial yang tidak akan ditemui di tempat lain. Sate ini memiliki rasa yang khas dan nikmat. Racikan bumbunya pun sangat sederhana yaitu garam, merica, kecap dan manisnya daging kambing muda.

Yang tidak biasa dari sate Klathak ini adalah jika biasanya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, sate Klathak menggunakan jeruji besi sepeda.
Katanya penggunaan jeruji besi ini mampu membuat daging matang merata.

Sate Klathak per porsinya diberikan dua tusuk dengan porsi yang besar-besar dan kuah gulai.

Harga per porsinya sekitar Rp19.000-25.000.
Alamat : jalan Imogiri, Bantul, Yogyakarta

2. Nasi goreng Pak Sular

image

Sangat mudah bagi kita menemukan penjual nasi goreng di kota Yogyakarta ini. Beberapa warung nasi goreng yang ada di Yogyakarta menjadi favorit anak-anak kost dan juga warga Yogyakarta lainnya. Salah satu tempat yang banyak penjual nasi goreng adalah sekitar Kotabaru.

Tempat makan favorit saya dan teman-teman adalah Nasi Goreng Kambing Pak Sular. Rasa yang seimbang antara nasi merica dan rempah-rempah dilengkapi acar serta telur ceplok menjadikan nasi kambingnya luar biasa.

Nasi Goreng Kambing Pak Sular buka mulai pukul 18.00 WIB hingga habis. Namun disarankan jangan lebih dari jam 9 malam, bila sedang ramai pukul 19.30 pun niscaya nasi goreng kambingnya akan ludes gak tersisa.
Harga perporsinya Rp9.000.

Alamat: Jl. Atmo sukarto, Kotabaru, Yogyakarta

3. Pecel Imogiri

image

Letak daerah Imogiri memang agak jauh dari kota Yogyakarta, namun sepanjang jalan dari Yogyakarta menyusuri jalanan Imogiri kita akan disuguhi hamparan persawahan dan latar pegunungan.

Pecel Imogiri ini terletak dekat dengan makam-makam raja Imogiri tepatnya ada di area parkiran makam-makam raja di imogiri.

Pecel imogiriĀ  ini merupakan makanan khas Bantul. Yang membuat beda pecel Imogiri dan pecel-pecel lainnya adalah diatas pecel Imogiri ada daun turi-nya. Gak cuma itu masih ada menu khas lainnya, diantaranya Mie Lethek khas Bantul, Tempe Gembos, bubur gudeg, bubur pecel.

Setelah puas sarapan di sini kalian bisa lanjut untuk ke makam raja-raja yang arus melewati ratusan anak tangga, atau lanjut ke hutan pinus Imogiri, atau ke kebun buah Imogiri.

Pecel perporsinya mulai dari Rp5.000 tergantung lauk yang kita pilih

Alamat : area parkir makam-makam raja imogiri, imogiri bantul

4. Gudeg Yu Djum

image

Gudeg merupakan makanan yang identik dengan Yogyakarta, tidak afdol rasanya ke Yogyakarta tanpa menyantam makanan ini. Gudeg Yu Djum merupakan gudeg legendaris di Kota Pelajar.

Berdiri sejak tahun 1950 sampai sekarang masih mempertahankan cara masak yang tradisional dengan bumbu pilihan, sehingga kenikmatannya konsistensi sampai saat ini.

Gudeg Yu Djum termasuk kedalam gudeg kering sehingga tidak cepat basi dan cocok untuk oleh-oleh.

Gudeg Yu Djum disajikan dengan krecek pedas, ayam dan telor bumbu gudeg, termasuk tahu dan tempe bacem.
Harga makanan mulai dari Rp7000 – Rp35.000 per porsi

Alamat : jl. Kaliurang Km. 4,5 Yogyakarta (Timur MM UGM)

5. Bakmi Jowo Mbah Gito

image

Makanan lain yang banyak dijual di sekitar Yogyakarta adalah Bakmi Jowo.
Bakmi Jawa adalah bakmi yang direbus atau digodog (direbus) dengan bumbu khas makanan Jawa dengan campuran sayur-sayuran, suwiran ayam kampung, telur dan dimasak di atas tungku tanah liat.

Yang menarik dari bakmi Jowo Mbah Gito ini adalah arsitekur bangunan yang kental dengan suasana Jawa dan menggunakan kayu-kayu sehingga nampak seperti gubuk.

Serta penempatan aksesoris di dinding seperti alat-alat pertanian mulai dari cangkul, luku, garu, arit. Alasan pemasangan alat-alat ini adalah sebagai wujud terima kasih Mbah Gito kepada ayahnya karena telah menghidupinya selama ini.

Tidak ketinggalan alunan suara gamelan Jawa, seragam para pegawai yang mengenakan busana tradusional jawa menambah kental suasana jawa.
Harga makanan dimulai dari Rp8000 – Rp24.000

Alamat : jl. Nyi Ageng Nis, Yogyakarta

6. Sogul Jugak

image

Bagi para pencinta makanan pedas wajib hukumnya mencoba makanan satu ini.

Sogul sendiri merupakan singkatan dari sop dan gulai ayam kampung. Namun selain gulainya yg nikmat, menu primadonannya adalah balungan
Balungan adalah tulang-tulang diselimuti sedikit daging yang masih menempel pada tulang tersebut.

Rasa dari sogul sendiri manis, gurih dan pedas. Ukuran pedas sendiri bisa kita sesuaikan dengan selera, tinggal minta berapa sendok teh yang kita inginkan.
Harga perporsi balungan Rp11.000

Alamat: jl. C Simanjuntak No. 24 A (terban) Yogyakarta.

7. Bakmi Ayam Ibu Tumini

image

Buat kalian penggemar bakmi wajib mencicipi bakmi ayam Ibu Tumini ini.
Ciri khas dari mie ayam Ibu Tumini adalah mie yang memiliki tekstur kental besar-besar dan disiram dengan kuah ayam yang manis legit gurih mirip dengan kuah semur.

Serta kita bisa memesan satu mangkok ceker ayam atau sayur dan ceker ayam. Dan di sini tidak disediakan pangsit sebagai mana lazimnya warung bakmi, tapi disediakan kerupuk sebagai pengganti pangsit.

Harga satu porsi mulai dari Rp. 10.000

Alamat : jl. Imogiri Timur no. 187 (utara Terminal Giwangan)

8. Tempo Gelato

image

Ternyata Yogyakarta bukan hanya memiliki kuliner tradisional saja, tapi juga toko ice cream gelato yang keren dan ambiance yang cozy untuk ngobrol sama teman.

Letaknya di daerah Prawirotama yang memang terkenal dengan kampung turis.

Daerah ini penuh dengan restoran, kafe, art shop hingga penuh dengan penginapan murah.

Ada lebih dari 20 rasa Gelato disini, mulai dari rasa coklat, kopi, biskuit Oreo, matcha tea, strawberry, rhum raisin, coklat mint, snickers, ada juga ada beberapa rasa unik seperti rasa coklat pedas, rasa jahe, kayu manis dan sereh.

Atau juga sorbet dengan pilihan rasa mangga, aprikot, Nanas, leci dan masih banyak lagi.

Harga mulai dari Rp.25.000. – Rp.45.000

Alamat : jl. Prawirotama I, Yogyakarta

Selama berkuliner teman-teman…

Advertisements

Yuk komen di sini:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s